Batching plan

Batching plan merupakan alat yang berfungsi untuk mencampur/memproduksi beton ready mix dalam produksi yang besar. Batching plant digunakan agar produksi beton ready mix tetap dalam kualitas yang baik, sesuai standar, nilai slump test dan strength-nya stabil sesuai yang diharapkan, untuk itu komposisi material harus terkendali.

Bagian-bagian batching plant antara lain:

  1. Cement silo, berfungsi untuk tempat penyimpanan semen dan menjaga semen agar tetap baik.
  2. Belt conveyor, berfungsi untuk menarik bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) ke atas dari bin ke storage bin.
  3. Bin, berfungsi sebagai tempat pengumpulan bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) yang berasal dari penumpukan bahan di base camp dengan bantuan wheel loader untuk di tarik ke atas (storage bin).
  4. Storage bin, digunakan untuk pemisah fraksi agregat. Storage bin dibagi menjadi 4 (empat) fraksi, yaitu: agregat butir kasar (split), butir menengah (screening), butir halus (pasir), dan fly ash.
  5. Timbangan pada alat batching plant dibagi menjadi 3 (dua) macam, yaitu: timbangan untuk agregat, timbangan untuk semen, dan timbangan untuk air.
  6. Dosage pump, digunakan untuk penambahan bahan admixture seperti retarder.
  7. Tempat penampungan air yang berfungsi sebagai supply kebutuhan air pada ready mix

(ILMU SIPIL.COM)


Bagi anda yang berminat dengan desain dan gambar BATCHING PLAN silahkan email ke admin : desainmesin5@gmail.com

Comments